Subscribed Newsletter


View Museum Rudana in a larger map
 
 

Details Articles & Archives

 

10 Museum Terima Anugerah Pers K. Nadha Nugraha
VMY 2010, Jadikan Kebangkitan Museum

Sumber : Bali Post, Rabu, 6 Januari 2010
Visit Museum Year (VMY) 2010 yang dicanangkan pemerintah hanya bertujuan untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke museum. Padahal, seharusnya VMY dijadikan kebangkitan museum dalam melestarikan benda-benda yang mempunyai nilai budaya tinggi. Demikian penegasan Direktur Utama PT Bali Post Satria Naradha, saat menganugerahakan Anugerah Pers K. Nadha Nugraha yang berlangsung di Museum Nyoman Gunarsa, selasa (5/1) kemarin.

Kata Satria, benda-benda yang mempunyai nilai budaya adiluhung itu juga jangan hanya ada di museum, tetapi tetap menjadi sikap keseharian masyarakat Bali. Seperti benda-benda yang tersimpan di Museum Subak di Tabanan. Sejumlah alat yang pernah digunakan petani di Bali sudah jarang ditemui. Demikian pula benda yang ada di Museum Yadnya. Jangan sampai terjadi sarana upacara itu lengkap ada di museum, tetapi masyarakat Bali sudah tak melakukan yadnya. Sebab, kejayaan sebuah bangsa akan dipengaruhi sejauh mana masyarakatnya melaksanakan nilai-nilai yang telah ditanamkan leluhur dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Himpunan Museum Bali (Himusba), Nyoman Gunarsa dalam sambutannya menyatakan bangga karena museum sudah menjadi perhatian. Terbukti dengan diberikannya Anugerah Pers K. Nadha Nugraha kepada museum di Bali. “Ini hari yang membahagiakan bagi museum. Selain penganugerahan Pers K. Nadha Nugraha tahun ini oleh Menbudpar juga dicanangkan Visit Museum Year 2010,” ujar Gunarsa.

Visit Museum Year yang diluncurkan pemerintah pusat tentu diharapkan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap museum. Karena museum adalah harta karun yang tak ternilai harganya.

Selain Gunarsa, Putu Supadma Rudana juga memberikan apresiasi dengan diluncurkannya Visit Museum Year 2010. Selain itu, ia yang Ketua IV Asosiasi Museum Indonesia (AMI) juga menyatakan salut dan bangga atas sinergisitas yang dibangun kelompok Media Bali Post dalam mengembangkan seni budaya sebagai jiwa bangsa.

10 Museum

Anugerah Pers tahun 2010 ini diberikan kepada 10 Museum di Bali. Yakni; Museum Bali, Museum Puri Lukisan Ubud, Museum Neka, Museum Seni Lukisan Klasik Nyoman Gunarsa, Museum Rudana, Museum Sidik Jari Denpasar, Museum Subak di Tabanan, Museum Purbakala di Gilimanuk, Museum Gedong Kirtya di Buleleng dan Museum Yadnya di Badung. (bal)

Images
« Back


 

  The Official site of Museum Rudana © 2006 - 2024 All Rights Reserved